SBY Akan Menekuk Prabowo Sebelum Menghajar Ahok

Submitted by Muhammad Intel on Sun, 10/23/2016 – 01:05

Ada yang menarik dari hasil survei Syaiful Mujani Research Consulting baru-baru ini. Saya tidak ingin bicara soal tingkat elektabilitas Ahok-Djarot yang masih di atas 44%. Tapi lebih enak bicara soal pasangan yang lain.

Agus-Sylvi rupanya menyalip Anies-Sandi dalam hasil survei yang dilakukan 1-9 Oktober ini. Elektabilitas Agus-Sylvi mencapai 22%, sementara Anis-Sandi hanya 19%. Memang sih, jika dilihat dari tingkat margin error sekitar plus-minus 5%, hasil Anis dan Agus masih bisa dibaca setara.

Tapi indikasi bahwa Agus menyalip Anies, merupakan sebuah prestasi buat tim kampanye Agus. Ramainya debat soal calon Gubernur muslim-non muslim, tampaknya justru merugikan Anies. Orang menyangka yang banyak memainkan isu agama adalah kelompoknya Anies yang didukung PKS. Meskipun, realitasnya belum tentu begitu.

Sekali lagi adagium lama berlaku, siapa saja yang dipersepsikan memainkan isu SARA dalam Pemilu akan digilas pemilih.

Sejak awal memang strategi Agus memposisikan diri sebagai kandidat jalan tengah. Ada harapan ketika isu soal agama mencuat atau dicuatkan, orang mengira itu merupakan perbenturan antara kubu Ahok dan Anies. Masyarakat yang jenuh, akan mencari alternatif kandidat lain. Aguslah pilihannya, begitu kira-kira jalannya.

Jadi yang paling diuntungkan dari ganjang-ganjing SARA justru Agus-Sylvi. Yang memainkan isu itu sudah tahu pemilih Ahok sendiri banyak akan banyak bergeming dengan isu SARA. Range-nya tetap 38% sampai 45%. Meskipun tim petahana mesti bekerja keras untuk bisa meraih 50% plus 1 agar memenangkan pilkada satu putaran. Artinya yang jadi sasaran isu itu justru perebutan suara di level kedua, antara Agus dan Anies. Meski isu SARA diarahkan ke Ahok, peluru justru melesat ke jidat kandidat lain.

Ini wajar. Target pertama Anis atau Agus cukup bisa masuk putaran kedua. Iitupun jika suara Ahok tidak mencapai lebih dari setengah pemilih. Jika putaran kedua mempertemukan Ahok dan Anies, kemungkinan besar Ahok akan unggul dengan selisih signifikan. Suara PPP, PKB, dan PAN berpeluang bergabung dengan PDIP mendukung Ahok.

Tapi akan lain cerita jika Agus yang justru lolos di putaran kedua. Pemilih Gerindra dan PKS dipastikan sebagian besar akan lari ke Agus ketimbang ke Ahok. Pertarungan putaran kedua akan lumayan sengit, Rasa-rasanya ini yang ada di kepala Pak SBY : target pertama Agus-Sylvy adalah mematahkan Anies-Sandi terlebih dahulu. Kita lihat, apakah SBY akan sukses menekuk Prabowo pada putaran pertama nanti.

Jadi gak usah kaget kalau ketua MUI Ma’ruf Amin terang-terangan mendukung pasangan Agus-Sylvi. Kita juga tahu beberapa elemen MUI sangat keras memainkan isu agama di Pilkada kali ini.

Oleh: Eko Kuntadhi