Bupati Dedi Mulyadi: Kenapa Patung Wayang Selalu Dirusak?

Submitted by Muhammad on Fri, 02/12/2016 – 07:01

PURWAKARTA (PIYUNGANONLINE) – Aksi pembakaran patung wayang arjuna di Situ Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta yang dilakukan oleh orang tak dikenal, benar-benar disesalkan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi

“Kenapa yang selalu jadi sasaran itu patung wayang?,” sesal Dedi saat ditemui wartawan di Pendopo Purwakarta, Kamis (11/2/2016).

Menurut pria yang akrab disapa Kang Dedi itu pun mempertanyakan motif pelaku yang sejak tahun 2010-an selalu melakukan perusakan terhadap patung wayang. 

Dedi menjelaskan, saat itu sejumlah patung seperti Semar, Bima, Nakula, Sadewa, dan Yudhistira sempat dirobohkan oleh orang tak dikenal. Dia menduga pelaku adalah orang atau kelompok yang sama dengan masalah kebencian terhadap budaya bangsa berupa wayang.

“Kalau patung wanita telanjang ya wajar kalau dihancurkan. Atau mungkin juga ini pelakunya adalah dari pihak astina yang kalah dalam perang baratayuda,” canda Kang Dedi.

Pihaknya berharap pihak kepolisian bisa segera melakukan penyelidikan dan menangkap pelakunya agar diusut secara pidana untuk menimbulkan efek jera. “Biarkan polisi menjalankan tugasnya menjaga keamanan negara,” katanya.

(Sumber: Detik.com)