Pesan KH Mustafa Ya’kub : “Jangan persoalkan pemimpin beda agama!”

JAKARTA (PIYUNGANONLINE) – Imam besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Yaqub (alm) banyak dari pandangan-pandangan selaku tokoh agama dan menjadi catatan seperti soal toleransi dalam beragama. Setiap orang berhak meyakini agama dan kepercayaan masing-masing. Semua lintas agama sudah sepakat untuk menciptakan kerukunan umat beragama.

¬†“Menciptakan kerukunan umat beragama itu adalah tujuan dari lahirnya¬†Indonesia,” kata beliau dalam setiap kesempatan berdakwah.

Almarhum pernah berpesan terkait pelaksanaan pilkada atau pemilihan umum pada Haji Lulung jika toleransi beragama telah mencapai kesepakatan, maka persoalan melarang memilih pemimpin yang bukan dari ajaran agama. Sebab itu merupakan ajaran agama yang tidak perlu lagi untuk diperdebatkan.

“Kalau kita sudah melakukan semua itu kita tidak perlu khawatir lagi soal ada agama yang melarang dalam hal ini dalam ajaran agamanya untuk tidak boleh memilih pemimpin dari yang bukan seiman. Itu sudah tidak boleh lagi diperdebatkan karena itu ajaran,” papar Lulung.